Alasan-alasan Yang Berujung Penyesalan

Sejatinya, menetapi peraturan agama itu mudah. Asalkan kita tidak memperbanyak alasan untuk mengerjakannya. Salah satu tindakan yang sering dilakukan manusia untuk menunda (bahkan meninggalkan) ibadah adalah dengan beralasan dan memaksa hatinya untuk membenarkan alasannya itu. Padahal, manusia itu tidak berhak untuk meninggalkan ibadan dengan beralasan. Baik alasan itu masuk akal maupun tidak masuk akal, tetap saja alasan itu tidak akan diterima. Mengapa demikian? Karena kita sudah mendapat kontrak dari Allah untuk melakukan transaksi pertukaran antara diri dan harta kita dengan surganya Allah.

Kita semua tau bahwa bgitu banyak alasan manusia untuk meninggalkan ibadah dan lupa terhadap kewajibannya. Namun, sebenarnya alasan-alasan itu adalah hal-hal yang sepele, yang akan terbantahkan dengan beberapa kisah dari zaman-zaman terdahulu. Mari kita simak beberapa dari cerita tersebut, dan kita ambil sebagai pelajaran.

Nabi Daud AS

Adalah seorang Nabi yang diberi mukjizat oleh Allah berupa kekuatan yang super luar biasa. Bahkan Nabi Daud bisa membuat baju-baju besi dengan tangan kosong. Nabi Daud sanggup melunakkan dan membentuk besi-besi padat hingga menjadi baju besi sedemikian rupa.

Nah, meskipun Nabi Daud punya kekuatan super dahsyat seperti itu, tetapi Nabi Daud tetap tunduk dan patuh pada Allah dan tidak banyak beralasan.

Lalu, ada atau tidak ya manusia sekarang yang merasa “ORANG KUAT, ORANG HEBAT” lalu menjadikan hal itu sebagai alasan untuk meninggalkan ibadah??? Buuaaaannyaakkk……!🙂

Nabi Sulaiman AS

Adalah seorang Nabi yang juga seorang raja yang diberi ilmu luar biasa oleh Allah, sehingga Nabi Sulaiman bisa mengerti bahasa binatang, memiliki pasukan dari bangsa Jin, dan memiliki kekayaan yang sangat super luar biasa.

Namun, meskipun demikian, Nabi Sulaiman tidak sombong, dan tetap tunduk dan patuh pada Allah. Bahkan pernah dikisahkan di suatu hari Nabi Sulaiman sedang melihat-lihat ratusan kuda-kudanya yang bagus-bagus hingga mengakibatkan Nabi Sulaiman lupa untuk Ibadah di sore hari itu. Setelah tersadar, Nabi Sulaiman marah, karena kesenangan (berupa kuda-kuda) tersebut telah melupakan Nabi Sulaiman dari Ibadah pada Allah. Akhirnya, apa yang dilakukan Nabi Sulaiman?? Semua kuda-kuda itu dipenggal habis! sebagai bukti bahwa Nabi Sulaiman lebih cinta pada Allah.

Lalu, apa pantas kalau manusia sekarang yang *perasaannya* sudah kaya, lalu meninggalkan ibadah karena sibuk mengurus kekayaannya itu???? Padahal kekayaannya belum sebanding dengan Nabi Sulaiman…

Lalu, ada atau tidak ya manusia yang lupa ibadah gara-gara nonton tv, main internet, utak atik handphone, kemudian ketika dia tersadar lalu *membanting* Tv / komputer / handphonenya itu?

Nabi Yusuf AS

Adalah seorang Nabi yang memiliki ketampanan yang tidak terbandingi di dunia ini. Bahkan hanya dengan melihat Nabi Yusuf, banyak wanita yang terheran-heran, kaget, syok, gila, bahkan mati!

Namun, meskipun Nabi Yusuf memiliki ketampanan luar biasa seperti itu, Nabi Yusuf tetap tunduk dan patuh pada Allah.

Lalu, apa pantas sih manusia yang sekrang ini hanya punya ketampanan seperti itu itu aja terus sombong dan menjadikan ketampanannya itu sebagai alasan untuk meninggalkan ibadah?

Billal Bin Robah

Adalah seorang mu’adzin di zaman Nabi yang merupakan seorang budak waktu itu. Bilal adalah orang orang yg miskin dan tidak punya apa-apa, namun dia tetap semangat dalam ibadah kepada Allah. Bahkan saat Nabi Isro’ Mi’roj, Nabi merasa sangat heran karena Nabi telah mendengar suara sandal Bilal di depan pintu surga, padahal Bilal masih hidup.

Lalu, apa pantas orang sekarang beralasan untuk tidak ibadah karena kemiskinannya?
Sumber: Wargaldii.com

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: