Kata JANGAN

Kalau bahasa tegal jangan itu artinya”sayur” nah yang ini bukan jangan atau sayur,tapi lima jangan.

Apa hal2 yang tidak boleh kita lakukan dalam menghadapi tantangan, kesulitan, problema hidup ini? Berikut adalah tipsnya:

1. Jangan panik
Seperti layaknya situasi darurat (emergency), rule number 1 adalah do not panic!. Demikian pula menghadapi tantangan, hindari suasana panik. Coba tenangkan diri dan ‘dingin’ menghadapinya.

2. Jangan emosi
Mungkin kita tidak panik, namun jangan sampai kita terbawa emosi. Istilahnya “hati boleh panas, tapi kepala kudu’ dingin ….” hehehe …

3. Jangan tergesa-gesa
Ukuran tergesa-gesa di sini bukanlah waktu, tapi dari segi persiapan. Kita harus siap dengan data-data BAL (benar, akurat, lengkap) sebelum mengambil suatu langkah … kalau BAL sudah ada, tentunya dari segi waktu tidak perlu lama-lama untuk mengambil keputusan, sehingga dari sudut waktu akan kelihatan cepat dan sigap namun teliti dan akurat!

4. Jangan larut
Seringkali dalam menghadapi problema hidup kita terjebak dalam situasi yang larut dalam kesedihan, kemarahan, kejengkelan, kecemburuan dll. Ini harus dijauhi, kita harus bisa ‘memisahkan’ diri dari problema itu dapat mencoba melihatnya dari luar sehingga kita bisa mendapatkan gambaran yang utuh mengenai situasi sebenarnya.

5. Jangan putus asa
Ini yang paling penting. Setelah tuntas dengan usaha-usaha yang sifatnya duniawi, kita harus mengembalikan semua tantangan, kesulitan, problema hidup ini kepada Sang Pencipta. Kita harus yakin dan percaya bahwa Alloh tidak akan menyia-nyiakan hambaNya dan bahwa dalam setiap kesulitan ada jalan keluar.

Selamat berjuang dalam hidup ini!

Sumber: Abu Ubaidillah Sarjyan

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: